Cara mengatasi Tasa Takut Saat Akan Melahirkan

Cara mengatasi Rasa Takut Saat Akan Melahirkan
Tips mengatasi Rasa Takut Saat Akan Melahirkan

Memiliki keturunan merupakan hal yang diinginkan semua pasangan di dunia. Namun melahirkan bukan perkara yang mudah dijalani, setelah 9 bulan mengandung, semakin hari semakin berat beban yang dibawa saat beraktifitas karena janin dalam perutnya tumbuh dan berkembang. Tak heran jika wanita hamil sering mengeluh merasa pegal di seluruh badan. Selain itu saat melahirkan seorang wanita konon akan merasakan sakit yang teramat sangat. Belum lagi stress dan rasa takut yang dialami seorang wanita hamil yang sedang menantikan saat-saat melahirkan. Di sinilah peran orang-orang terdekat sangat dibutuhkan. Rasa pengertian dan perhatian dari suami akan dapat membantu menenangkan kondisi fisik dan psikis wanita hamil. Rasa takut yang umum dialami wanita hami biasanya adalah:


• Mendengar kabar mengenai kematian ibu hamil saat melahirkan. Jika anda yang sedang menanti waktu persalinan dan cemas akibat rasa takut karena hal ini, harap diingat Tuhan menciptakan alat tubuh wanita yang memang dipersiapkan untuk mengalami hamil dan melahirkan, jikapun saat proses persalinan terjadi hal-hal diluar dugaan, sudah dipersiapkan dokter dengan peralatan medis yang canggih saat ini. Jadi mengapa anda harus merasa cemas?
• Saat melahirkan rasa nyeri pasti tidak dapat dihindari, dan ini merupakan hal yang sangat alami. Harap diingat lagi semua wanita hamil mengalami rasa sakit ini dan setelahnya mereka baik-baik saja bahkan berbahagia karena hadirnya putra-putri di rumah mereka, jadi percaya saja bahwa kecemasan anda akan seberapapun rasa sakit melahirkan anda akan dapat menahannya. Selain itu anda juga pasti pernah mendengar kesaksian seorang wanita yang telah melewati persalinan, bahwa rasa sakitnya seolah hilang begitu saja saat anda melihat buah hati anda terlahir ke dunia.

Cara Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan

Mengatasi rasa takut akan proses persalinan jauh-jauh hari dapat dengan persiapan yang matang, baik mental maupun fisik. Persiapan fisik bisa anda tempuh dengan senam hamil untuk memperlancar proses persalinan nanti. Dengan senam hamil, tubuh anda akan menjadi lebih lentur, rileks, serta membantu melancarkan pernafasan. Persiapan lainnya selain senam hamil adalah dengan mengetahui step-step proses melahirkan, hal ini membantu anda lebih santai serta lebih siap saat menjalani prosesnya. Pengetahuan tentang cara melahirkan (step-step persalinan) bisa anda dapatkan dengan membaca dari buku atau internet, atau bisa juga dengan mengikuti kelas antenatal, dalam kelas ini anda akan diberikan pengetahuan dan pelatihan melahirkan, serta dilatih cara bernafas.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa takut saat menghadapi persalinan. Meski tidak mudah, ingatlah bahwa ini salah satu hal yang harus anda lewati, dan setelahnya anda akan memperoleh kebahagian yang tidak terkira bersama pasangan. Tetap semangat ya Bun!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s